Rabu, 06 Maret 2013

MANAJEMEN PERAWATAN II


NASKAH 2
1.   Jelaskan hubungan antara CLASS MATTER dengan SEAWORTHINESS !
JAWAB :
1.   Yang di maksud dengan perawatan / perbaikan CLASS MATTER yaitu kerusakan dan perbaiakan yang berlaku bila lambung kapal,instalasi mesin tama atau listrik kapal atau beberapa perlengkapan khusus yg dikelaskan mengalami kerusakan yang akan mempengaruhi kelas,atau jika mengalami kelas kapal ditangguhkan,atau apabila kerusakan diperkirakan dapat mengakibatkan kecelakaan dan kejadian lainnya.
2.   Hubungan dengan SEAWORTHINESS (LAIK LAUT) adalah kesempurnaan kapal ditinjau dari sejumlah kriteria teknik-fisik yg harus dipenuhi suatu kapal agar dapat diijinkan berlayar.Kriteria tersebut adalah:
·    Bahan
·    Konstruksi
·    Permesinan
·    Peralatan dan
·    Pengawakan.
3.   Maka apabila terjadi kerusakan dan perbaikan yang bersifat Class Matter yg jg merupakan salah satu syarat dari SEAWORTHINESS maka kelas kapal dapat ditangguhkan dan kapal dapat itahan dan dinyatakan tidak laik laut samapai perbaikan selesai dilakukan.
2.   Jelaskan yang dimaksud dengan Perawatan berkesinambungan.
JAWAB:
Yang dimaksud dengan perawatan berkesinambungan adalah perawatan yg dilaukan secara berkesinambungan dengan yg selalu ditepatindan penuh rasa tanggung jawab,dari generasi kegenerasi berikutnya. Semua data perawatan dan perbaikan ditulis dan ditanda tangani oleh yg bertanggung jawab dan disimpan dengan baik dalam arsip kapal,sehingga kronologi kondisi semua mesin dapat diketahui dengan jelas.Pearwatan ini sudah terencana dengan baik dan dapat dipantau oleh siapa saja,baik oleh crew kapal sendiri ataupun oleh manajemen darat.
3.   Gambrkan pendekatan empiric antara umur kapal dan kondisinya. Apakah kerugian dari kapal yang mendapatkan perawatan yg buruk pada saat dilakukan rehabilitasi perbaiakan.
JAWAB :
Dibawah ini adalah gambar pendekatan empiric hubungan antara kondisi,umur kapal, dan perawatan kapal, dimana dari gambar terlihat betapa cepatnya tingkat kemerosotan kondisi kapal tanpa adanya system perawatan yang baik.

Kerugia dari kapal yg mendapatkan perawatan  buruk pada saat dilakukan rehabilitasi perbaikan yaitu:
·    Betapa beratnya kondisi kapal apabila sudah terlanjur mengalami breakdown repair
·    Umur kapal hanya mampu diperthan pada umur 12-14 tahun saja.
·    Apabila diperbaiki lagi (rehabilitasi), majemen perawatan kapal tetap tidak mampu meningkatkan performa pada kondisi lebih dari 50% bahkan cenderung hanya dapat bertahan sesaat sampai pada umur 20-an sdh harus discrap.
·    Biaya perawatan lebih mahal
Jadi melalui perawatan yang baik kita ingin mengendalikan atau memperlambat tinkat kemerosotan kondisi kapal.agar kapal selalu dalamkondisi baik sehingga tidak mengecewakan si pencharter dan sanggup bersaing di dunia bisnis.

4.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan perawatan dan perbaikan yg berkaitan dengan Survey Classification Society !
JAWAB :
Perawatan perbaikan yg berkitan dengan Survey Classification Society (Survey Biro Klasifikasi) yaitu : Perawatan yg dilakukan sebelum kapal naik dok yg dapat dikerjakan oleh pihak kapal, dan yg berhubungan dengan pekerjaan ’’ Item Clasification Inspection ’’ dapat meminta persetujuan kelas melalui menejemen armada pusat. Pekerjaan teersebut harus dibuatkan berita acara lengkap dan disertai data pengukuran kondisi komponen secara lengkap untuk mendapatkan persetujuan Class tersebut. Atau perawatan dan perbaikan yg dilakukan terhadap sebagian Item CMS (Continuous Machinary Survey) Survey bersambung mesin adalah item pemeriksaan pembaruan mesin yg dilaksanakan secara bertahap dan harus selesai dalam kurun waktu 5 tahun.Pemeriksaan pada waktu dibuka lengkap dapat diwakili oleh KKM dengan ijaza ATT-I dan laporan pemeriksaan diserahkan pada surveyor pada saat survey (survey konfirmatori) paling lambat 3 bulan setelah pemeriksaan.Item CMS yg tdk dpt diwakili yaitu pemeriksaan crank pin & Bearing, Crank Journal,Bearing, dan Cross head.

Tidak ada komentar: