Rabu, 06 Maret 2013

Manajemen Perawatan

NASKAH 01
1.   Jelaskan apakah SEWORTHINESS itu sehubungan dengan aspek-aspek perawatan.
Jawab:
SEAWORTHINESS (LAIK LAUT) adalah kesempurnaan kapal ditinjau dari sejumlah criteria teknik-fisik yang harus dipenuhi suatu kapal agar dapat diijinkan berlayar.Kriteria tersebut adalah:
·    Bahan
·    Konstruksi
·    Permesinan
·    Perlatan dan
·    Pengawakan
Semua kriteria Teknik-fisik kapal tersebut harus diperiksa secara rinci teliti dan periodic oleh kesyahbandaran dan Biro klasifikasi.Kemudian Biro klasifikasi mengeluarkan sertifikat Class Kapal,sedangkan kesyahbandaran berwenang mengeluarkan sertifikat mengenai kesempurnaan, penumpang dan Radio,lambung timbul, dan mesin kapal.Semua persyaratan teknik-fisik sebuah kapal merupakan dasar dikeluarkannya persyaratan formal administrative yang biasa ditentukan oleh dirjen perhubungan laut (dalam hal ini merupakan wewenang direktorat perkapalan dan pelayaran)
SEAWORTHINESS atau KELAIK LAUT sehubungan dengan aspek-aspek perawatan yaitu bahwa melalui strategi perawatan yg benarkita dapat mengendalikan atau memperlambat tingkat kemerosotan kapal serendah mungkin,agar kapal(termasuk semua fasilitas mesin /alat /fasilitas yang ada)dapat dioperasikan setiap saat bilah dibutuhkan atau laik laaut.Semakin kapal bertamba tuah semakin perlu memperhatikan beberapa perimbangan yang mendasar a.l:
·    Kewajiban-kewajiban pemilik kapal yang berkaitan dengan keselamatan dan kelaik laut kapal
·    Menjaga modal dengan cara memperpanjang umur ekonomis suatu kapal dan menaikkan nilai jual kapal bekasnya
·    Mempertahankan kinerja kapal sebagai sarana angkutan dengan cara meningkatkan kemampuan dan efisiensi kapal
·    Memelihara efisiensi berkaitan dengan biaya-biya operasional kapal,termasuk biaya perawatan yg harus diperhitungkan
·    Pengaru lingkungan dikapal terhadap awak kapal dan kinerjanya
·    Pola pelayaran,linear,tramper, dalam negri ato luar negri
·    Tersedia suku cadang dan system pengadaan logistic.

2.   Seajuh mana perawatan / perbaikan yang bersifat Class Matter itu!
Jawab:
Yang di maksud dengan perawtan / perbaikan yang bersifat Class Matter yaitu:Kerusakan dan perbaikan yang berlaku bila lambung kapal,instalasi mesin utama atau listrik kapal atau beberapa perkengkapan khusus yang dikelaskan mengalami kerusakan yang akan mempengaruhi kelas,atau jika mengakibatkan kelas kapal ditangguhkan,atau apabila kerusakan diperkirakan dapat mengakibatkan kecelakaan dan kejadian lainnya.
Contoh perawatan / perbaikan Class Matter Antara Lain :
1.   Lambung kapal rusak akibat kapal kandas / tubrukan atau penyebab lainnya
2.   Main Bearing mesin penggerak utama retak
3.   Body ketel uap mengalami keretakan,dll
4.   Kapal mengalami kebakaran yg masih bias diselamatkan dan harus diperbaiki.

3.   Dalam Time Charter ada biaya Running Coast tentang perawatan,untuk menjaga agar kapal kita terawat dengan baik.kebijakan apakah sebaiknya saudara lakukan dalam time charter terssebut!
Jawab :
Dalam Time Charter ada biaya running coast tentang perawatan untuk menjaga agar kapal kita terwat dengan baik.kebijakan terbaik yg sy lakukan dlm Time Charter tersebut adalah:
·    Mempertahankan seluruh keberadaan unit kapal agar dalam kondisi laik laut utk beroperasi sesuai kontrak.
·    Melakukan perawatan secara berencana dengan memperhitungkan / menyesuaikan waktu keberadaan kapal dipelabuhan,agar pengoperasian kapal tdk terganggu.
·    Menyiapkan seluru kebutuhan suku cadang(paling tdk minimum standar harus terpenuhi)untuk perawatan dan perbaikan.Karena dapat berakibat fatal bagi kinerja kapal bila terjadi keterlambatan permintaan dan pengadaan spare part.
·    Memperhitungkan dan mengontrol pemakaian running store Lub.Oil dgn cermat agar tdk terjadi pemborosan.

4.   Apakah yang dimaksud dengan perawatan periodic tersebut,apakah kekurangannya dari perawatan tersebut, dan jg keuntungannya bila diterapkan pada kapal penumpang.
JAwab :
Yang dimaksud dengan perawatan periodic adalah bagian dari pelaksanaan perawatan pencegahan yg dilakukan secara periodic berdasarkan kalender waktu dan jam kerja / running hours dgn mengacu kepada manual instruction book,yaitu perawatan yg dilaksakan berdasarkan waktu kalender:
·    Perawatan secara harian (daily)
·    Perawatan secara mingguan (weekly)
·    Perawatan secara bulanan (monthly)
·    Perawatan secara 3 bulanan(quarterly)
·    Perawatan secara enam bulan
·    Perawatan secara tahunan (annual survey) dan
·    Perawatan secara lima tahun (special survey)
Perawatan yang dilaksanakan secara jam kerja:
·    Perawatan setiap 250 jam
·    Perawatan setiap 500 jam
·    Perawatan setiap 1000 jam
·    Perawatan setiap 2000 jam
·    Perawatan setiap 4000 jam
·    Perawatan setiap 8000 jam
·    Perawatan setiap 10000 jam
Dan seterusnya terhitung setelah (overhoule)
Kekuranga dari perawatan periodic adalah :
·    Pemakaian Spare Part boros,karena walaupun kondisi material tersebut masih baik,tetap harus diganti baru sesuai jam kerja
·    Biaya perawatan besar
·    Cepat terjadi kelelahan material terutama pada bagian-bagian yg berulir sperti baut-baut karena sering dibongkar pasang dengan tidak mengunakan kunci momen sehingga pengencangannya tdk terkontrol
·    Perawatan dapat disesuaikan dengan waktu keberadaan kapal sehingga tidak mengganggu operasi kapal.

Tidak ada komentar: