Rabu, 06 Maret 2013

MANAJEMEN PERAWATAN III



NASKAH 03
1.   Buat struktur lengkap perusahaan pelayaran sampai dengan operasional pencharternya, pertanyaannya :
a.   Bila struktur perusahaan pelayaran tersebut memiliki kapal-kapal sendiri bagaimana kebijakan saudara menerapkan system pelayarannya, secara Bareboat atau Time Charter, dan mengapa !
b.   Bila perusahaan pelayaran saudara hanya mengoperasikan kapal-kapal non milik, model perawatan apa yang saudara terapkan,mengapa !

JAWAB :
Struktur lengkap perusahaan pelayaran sampai dengan operasional pencharteran.

1.   ORGANISASI ARMADA PERKAPALAN

a.   Bila perusahaan memiliki kapal-kapal sendiri maka kebijakan saya menerapakan system pelayarannya adalah secara Time Charter yaitu unit kapal yang dilengkapi dengan crew,sertifikatnya,perawatan dan perbaikannya ditanggung oleh pemilik kapal, sedangkan umum pemakaian bahan bakar dan air tawar ditanggung oleh pihak pencharter yang mengoperasikannya.Karena dengan system time charter maka pemilik kapal dapat menjamin bahwa crew yg dia miliki berkompetensi dan memenuhi standar STCW 95 dan dpt melakukan perawatan dan perbaikan secara berencana (PMS) sesuai yg diinginkan perusahaan agar kapal-kapalnya laik laut dan dapat dioperasikan secara aman.
b.   Bila perusahaan pelayaran saya hanya mengoperasikan kapal-kapal non milik,maka model perawatan yg saya terapkan adalah perawatan berencana karena dengan direncanakan sebelum dan dirawat secara teratur,maka kerusakan jarang terjadi,biaya lebih efisien sehingga offhire tidak akan terjadi.Dengan dilaksanakannya perawatan berencana dengan baik dan benar maka kita akan memperoleh keuntungan-keuntungan antara lain:
·    Memperpanjang waktu kerja (life time) unit pesawat mesin dan mempertahankan nilai penyusutan pada kapal.
·    Kondisi material pada pesawat / mesin dapat dipantau setiap saat oleh pengawas atau personil didarat,hanya dengan melihat pelaporan administrasi perawatan.
·    Dengan tersedianya suku cadang yang cukup maka pada saat perawatan dan perbaikan tidak mengalami kehilangan waktu (delay)
·    Pengoperasian kapal lancer dan aman
·    Penghematan biaya dapat dilakukan sebesar 20%.

2.   Jelaska apa yang dimaksud dengan perawatan perbaiakan CLASS MATTER itu!
JAWAB :
Yang dimaksud dengan perawatan / perbaiakan Class matter adalah Kerusakan dan perbaikan yang berlaku bila lambung kapal,instalasi mesin utama atau listrik diatas kapal dan beberapa perlengkapan khusus yang dikelaskan mengalami kerusakan yang akan mempengaruhi kelas, atau mengakibatkan class kapal ditangguhkan atau apabila kerusakan diperkirakan dapat mengakibatkan kecelakaan dan kejaian lainnya .Contoh perawatan / perbaikan class matter sperti:
·    Lambung kapal rusak akibat kapal kandas tubrukan atau penyebab lainnya
·    Main bearing mesin penggerak utama retak
·    Body ketel uap mengalami keretakan,dll
·    Kapal mengalami kebakaran yang masih bias diselamatkan dan diperbaiki.
Selain itu ada juga pekerjaan yg menyangkut item classification inspection yaitu: Perawatan dan perbaikan yang dilakukan sebelum kapal naik dok yang dapat dikerjakan oleh pihak kapal, dan yang berhubungan dengan pekerjaan ’’ Item Classification Inspection ’’ dapat meminta persetujuan class melalui manajement armada pusat. Pekerjaan tersebut harus dibuatkan berita acara lengkap dan disertai data pengukuran kondisi komponen secara lengkap untuk mendapatkan persetujuan Class kapal tersebut.

Tidak ada komentar: