Rabu, 06 Maret 2013

MANAJEMEN PERAWATAN IV


NASKAH 06
1.   Penerapan perawatan pada setiap kapal dikaitkan dengan jenis kapal dan sifat operasionalnya,Jelaskan beda perawatan yang anda terapkan bagi kapal RO-RO (tiba berangkat ) bagi kapal Cargo (Reguler), mengapa demikian,jelaskan dari sudut teknis manajemen !
JAWAB :
·    Perawatan yang saya terapkan bagi kapal RO-RO (tiba berangkat) yaitu perawatan korektif,yang ditujukan untuk memperbaiki kerusakan yang sudah diperkiran atau mendekati kerusakan dengan dasar pertimbangan biaya dan effisiensi waktu perawatan.
·    Sedangkan perawatan bagi kapal Cargo (regular) yaitu perawatan pencegahan yang ditujukan untuk mencegah kegagalan atau berkembangnya kerusakan atau menemukan kegagalan sedini mungkin.Dapat dilakukan melalui penyetelan secara berkala,recondisi, atau penggantian alat-alat berdasarkan pemantauan kondisi.
·    Karena bagi kapal RO-RO (tiba berangkat),waktu untuk melakukan perawatan sangat terbatas karena memperhitungkan waktu efektif kapal(commission day) dan kehilangan kesempatan membawa muatan (cargo per year) dan bagi kapal Cargo (regular) yang mempunyai cukup waktu dipelabuhan perawatan pencegahan sangat cocok karena waktu melakukan perawatan tidak mengganggu kegiatan operasional kapal.

2.   Jelaskan secara detail perawatan kapal itu menjadi murah dan menjadi mahal serta dikaitkan dari kebijaksanaan teknis yang salah anda terapkan !
JAWAB :
·    Pearawatan kapal menjadi murah karena dengan melakukan perawatan yang sudah direncanakan sebelumnya akan mencegah terjadinya kerusakan, sehingga dapat mempertahankan kondisi dan menjaga tingkat kemerosotan kapal serendah mungkin agar kapal dapat dioperasikan setiap saat dibutuhkan. Dengan kondisi kapal yang laik laut beban kerja crew kapal menjadi kecil dan opration day kapal menjadi besar dengan demikian pendapatan yang diperoleh dari melayani kargo dan jarak yang ditempuh makin besar. Maka biaya perawatan yang dikeluarkan menjadi murah.
·    Perawatan kapal menjadi mahal karena dengan membiarkan mesin bekerja terus menerus sampai rusak baru diadakan perawatan maka cendderung akan mengalami kerusakan yang berkelanjutan sehingga betapa beratnya kondisi kapal apabila sudah telanjur mengalami breakdown repair. Dengan kondisi kapal tidak bagus maka operation day dapat terhambat karena digunakan untuk melakukan perbaikan. Oleh karena itu tingkat off-hire makin tinggi dan kepercayaan konsumen makin berkurang yang menyebabkan pendapatan kapal menurun. Maka ditinjau dari pendapatan yang diperoleh dengan biaya perawatan yang dikeluarkan akan menjadi mahal ,dibandingkan dengan kapal yang terawatt dengan baik.
·    Kebijaksanaan teknis yang salah diterapkan dengan sengaja menunda-nunda perawatan karena dengan alasan biaya dan lain sebagainya akan berakibat lebih fatal apabila terjadi kerusakan yang dapat mengganggu operasi kapal.
·     
3.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan SEAWORTHINESS dilihat dari kesipan kondisi kapal !
JAWAB :
SEAWORTHINESS atau KELAIK LAUTAN ditijnjau dari kesiapan kontruksi kapal adalah sejumlah kriteria teknik-fisik yang harus dipenuhi suatu kapal agar dapat diijinkan berlayar.Kriteria tersebut adalah :
·    Kondisi badan kapal ( konstruksi kapal )
·    Permesinan
·    Pralatan dan
·    Pengawakan
Semua kriteria teknik-fisik kapal tersebut harus diperiksa secara rinci teliti dan periodic oleh kesyabandaran dan Biro klasifikasi.Kemudian Biro klasifikasi mengeluarkan sertifikat Class kapal sedangkan kesyahbandaran berwenang mengeluarkan sertifikat mengenai kesempurnaan,penumpang,radio,lambung timbul kapal dan ssemua permasinan kapal.Semua persyratan teknik-fisik sebuah kapal merupakan dasar dikeluarkannya persyaratan formal administrative yg biasanya ditentukan oleh Dirjen Perhubungan Laut (dalam hal ini merupakan wewenang direktorat Perkapalan dan Pelayaran.

NASKAH 07

1.   PEARAWATAN CAT, Cat apakah yang di apply pada badan kapal dibawah Underlines Water,Sebutkan jenis protection paintnya?

JAWAB :

Protection paint yang diapply pada badan kapal dibawah Underlines Water yaitu :

·    1st Coats anti corrosive

·    2nd Coast anti fouling.



2.   Sebutkan protection paint yang diapply pada badan kapal diatas Underlines Water dan mengapa harganya agak mahal !

JAWAB :

Protection paint yang diapply pada badan kapal diatas underlines water yaitu :

·    1st Coats red lead primer

·    2nd Coats boottop paint

Harganya agak mahal karena Cat pada bagian lambung ini dirancang dan terbuat dari bahan yang khusus untuk tahan terjadap dua kondisi agar tidak mudah terkelupas dan terjadi korosi.Pada plat baja kapal / kulit kapal karena sering terendam air laut dan terkena sinar langsung oleh sinar matahari.



3.   Jelaskan SEAWORTHINESS dikaitkan dengan kesiapan mesin induk !

JAWAB :

SEAWORTHINESS dikaitkan dengan kesiapan mesin induk yaitu bahwa kelaikan laut suatu kapal adalah kesempurnaan kapal kapal ditinjaundari kriteria teknik-fisik dari suatu kapal yang harus dipenuhi suatu kapal agar dapat diijinkan berlayar.kriteria tersebut adalah :

·    Bahan

·    Konstruksi

·    Permesinan

·    Peralatan dan

·    Pengawakan

Karena oermesinan (mesin induk) merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi maka mesin tersebut harus dirawt dengan system perencanaan yang baik agar kondisi dan performa mesin sdelalu siap untuk dioperasikan setiap saat sesuai syarat yang ditentukan oleh pihak biro klasifikasi dan kesyahbandaran yang akan diperiksa secara rinci ,teliti dan periodic.Kemudian kapal akan diberikan sertifikat salah satunya adalah sertifikat mesin yang menyatakan kapal tersebut laik laut.



4.   Apakah perawatan insidentil itu perlu dilaksanakan dan dalam hal yang bagaimana !

JAWAB :

·    Perawatan insidentil sebenarnya tidak perlu dilaksakan karena perawatan insidentil (Breakdown Repair) adalah suatu perawatan yang ada rencana perawatan sebelumnya, perawatan dan perbaikan hanya dilakukan apabila terjadi suatu kerusakan saja,artinya kita membiarkan suatu mesin atau peralatan bekerja terus menerus sampai rusak (down time ) baru kemudian diadakan erawatan dan perbaikan.Perawatan insidentil sangat bersiko tingg terhadap kerusakan-kerusakan yang lebih besar sehinga perlu perbaikan besar (Overhaul) dan waktu kerusakan kapal sangat sulit untuk diprediksi.Dalam prakteknya perawatan insidentil ini tidak dapat menekan biaya perawatan bahkan sering terjadi pembengkakan anggaran perbaikan ( Total Maintenance Cost ) dan kerugian-kerugian waktu,material dan commission day yang berdampaklangsung pada laba perusahaan.Selain kerugian-kerugian teknis,aspek waktu dan jg aspek keselamatan dapat jg berdampak aspek ekonomi yg berdampak sangat besar pada pendapatan dan kelangsungan hidup perusahaan.

·    Perawatan insidentil itu perlu dilaksankan walaupun mesin itu sudah dirawat dengan baik dan terencana.Apabila kerusakan itu dipengaruhi oleh kondisi alam atau human error seperti kapal tubrukan,kapal kandas,salah mengoperasikan mesin dan lain-lain yang dapat mengganggu pengoperasian kapal.


Tidak ada komentar: