NASKAH
2
JAWAB
:
1.
Yang di maksud
dengan perawatan / perbaikan CLASS MATTER yaitu kerusakan dan perbaiakan yang
berlaku bila lambung kapal,instalasi mesin tama atau listrik kapal atau
beberapa perlengkapan khusus yg dikelaskan mengalami kerusakan yang akan
mempengaruhi kelas,atau jika mengalami kelas kapal ditangguhkan,atau apabila
kerusakan diperkirakan dapat mengakibatkan kecelakaan dan kejadian lainnya.
2.
Hubungan dengan
SEAWORTHINESS (LAIK LAUT) adalah kesempurnaan kapal ditinjau dari sejumlah
kriteria teknik-fisik yg harus dipenuhi suatu kapal agar dapat diijinkan
berlayar.Kriteria tersebut adalah:
· Bahan
· Konstruksi
· Permesinan
· Peralatan dan
· Pengawakan.
3.
Maka apabila
terjadi kerusakan dan perbaikan yang bersifat Class Matter yg jg merupakan
salah satu syarat dari SEAWORTHINESS maka kelas kapal dapat ditangguhkan dan
kapal dapat itahan dan dinyatakan tidak laik laut samapai perbaikan selesai
dilakukan.
2. Jelaskan
yang dimaksud dengan Perawatan berkesinambungan.
JAWAB:
Yang dimaksud dengan perawatan
berkesinambungan adalah perawatan yg dilaukan secara berkesinambungan dengan yg
selalu ditepatindan penuh rasa tanggung jawab,dari generasi kegenerasi
berikutnya. Semua data perawatan dan perbaikan ditulis dan ditanda tangani oleh
yg bertanggung jawab dan disimpan dengan baik dalam arsip kapal,sehingga
kronologi kondisi semua mesin dapat diketahui dengan jelas.Pearwatan ini sudah
terencana dengan baik dan dapat dipantau oleh siapa saja,baik oleh crew kapal
sendiri ataupun oleh manajemen darat.
3. Gambrkan
pendekatan empiric antara umur kapal dan kondisinya. Apakah kerugian dari kapal
yang mendapatkan perawatan yg buruk pada saat dilakukan rehabilitasi
perbaiakan.
JAWAB
:
Dibawah ini adalah gambar pendekatan
empiric hubungan antara kondisi,umur kapal, dan perawatan kapal, dimana dari
gambar terlihat betapa cepatnya tingkat kemerosotan kondisi kapal tanpa adanya
system perawatan yang baik.
Kerugia dari kapal yg mendapatkan
perawatan buruk pada saat dilakukan
rehabilitasi perbaikan yaitu:
· Betapa beratnya kondisi kapal apabila sudah terlanjur
mengalami breakdown repair
· Umur kapal hanya mampu diperthan pada umur 12-14 tahun
saja.
· Apabila diperbaiki lagi (rehabilitasi), majemen
perawatan kapal tetap tidak mampu meningkatkan performa pada kondisi lebih dari
50% bahkan cenderung hanya dapat bertahan sesaat sampai pada umur 20-an sdh
harus discrap.
· Biaya perawatan lebih mahal
Jadi
melalui perawatan yang baik kita ingin mengendalikan atau memperlambat tinkat
kemerosotan kondisi kapal.agar kapal selalu dalamkondisi baik sehingga tidak
mengecewakan si pencharter dan sanggup bersaing di dunia bisnis.
4. Jelaskan apa
yang dimaksud dengan perawatan dan perbaikan yg berkaitan dengan Survey
Classification Society !
JAWAB
:
Perawatan perbaikan yg berkitan dengan
Survey Classification Society (Survey Biro Klasifikasi) yaitu : Perawatan yg
dilakukan sebelum kapal naik dok yg dapat dikerjakan oleh pihak kapal, dan yg
berhubungan dengan pekerjaan ’’ Item Clasification Inspection ’’ dapat meminta
persetujuan kelas melalui menejemen armada pusat. Pekerjaan teersebut harus
dibuatkan berita acara lengkap dan disertai data pengukuran kondisi komponen
secara lengkap untuk mendapatkan persetujuan Class tersebut. Atau perawatan dan
perbaikan yg dilakukan terhadap sebagian Item CMS (Continuous Machinary Survey)
Survey bersambung mesin adalah item pemeriksaan pembaruan mesin yg dilaksanakan
secara bertahap dan harus selesai dalam kurun waktu 5 tahun.Pemeriksaan pada
waktu dibuka lengkap dapat diwakili oleh KKM dengan ijaza ATT-I dan laporan
pemeriksaan diserahkan pada surveyor pada saat survey (survey konfirmatori)
paling lambat 3 bulan setelah pemeriksaan.Item CMS yg tdk dpt diwakili yaitu
pemeriksaan crank pin & Bearing, Crank Journal,Bearing, dan Cross head.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar