1.
Jelaskan apakah SEWORTHINESS itu
sehubungan dengan aspek-aspek perawatan.
Jawab:
SEAWORTHINESS
(LAIK LAUT) adalah kesempurnaan kapal ditinjau dari sejumlah criteria
teknik-fisik yang harus dipenuhi suatu kapal agar dapat diijinkan berlayar.Kriteria
tersebut adalah:
· Bahan
· Konstruksi
· Permesinan
· Perlatan dan
· Pengawakan
Semua
kriteria Teknik-fisik kapal tersebut harus diperiksa secara rinci teliti dan
periodic oleh kesyahbandaran dan Biro klasifikasi.Kemudian Biro klasifikasi
mengeluarkan sertifikat Class Kapal,sedangkan kesyahbandaran berwenang
mengeluarkan sertifikat mengenai kesempurnaan, penumpang dan Radio,lambung
timbul, dan mesin kapal.Semua persyaratan teknik-fisik sebuah kapal merupakan
dasar dikeluarkannya persyaratan formal administrative yang biasa ditentukan
oleh dirjen perhubungan laut (dalam hal ini merupakan wewenang direktorat
perkapalan dan pelayaran)
SEAWORTHINESS
atau KELAIK LAUT sehubungan dengan aspek-aspek perawatan yaitu bahwa melalui
strategi perawatan yg benarkita dapat mengendalikan atau memperlambat tingkat
kemerosotan kapal serendah mungkin,agar kapal(termasuk semua fasilitas mesin
/alat /fasilitas yang ada)dapat dioperasikan setiap saat bilah dibutuhkan atau
laik laaut.Semakin kapal bertamba tuah semakin perlu memperhatikan beberapa
perimbangan yang mendasar a.l:
· Kewajiban-kewajiban pemilik kapal yang
berkaitan dengan keselamatan dan kelaik laut kapal
· Menjaga modal dengan cara
memperpanjang umur ekonomis suatu kapal dan menaikkan nilai jual kapal bekasnya
· Mempertahankan kinerja kapal sebagai
sarana angkutan dengan cara meningkatkan kemampuan dan efisiensi kapal
· Memelihara efisiensi berkaitan dengan
biaya-biya operasional kapal,termasuk biaya perawatan yg harus diperhitungkan
· Pengaru lingkungan dikapal terhadap awak
kapal dan kinerjanya
· Pola pelayaran,linear,tramper, dalam
negri ato luar negri
· Tersedia suku cadang dan system
pengadaan logistic.
2.
Seajuh mana perawatan / perbaikan yang
bersifat Class Matter itu!
Jawab:
Yang di
maksud dengan perawtan / perbaikan yang bersifat Class Matter yaitu:Kerusakan
dan perbaikan yang berlaku bila lambung kapal,instalasi mesin utama atau
listrik kapal atau beberapa perkengkapan khusus yang dikelaskan mengalami
kerusakan yang akan mempengaruhi kelas,atau jika mengakibatkan kelas kapal
ditangguhkan,atau apabila kerusakan diperkirakan dapat mengakibatkan kecelakaan
dan kejadian lainnya.
Contoh
perawatan / perbaikan Class Matter Antara Lain :
1. Lambung kapal rusak akibat kapal
kandas / tubrukan atau penyebab lainnya
2. Main Bearing mesin penggerak utama
retak
3. Body ketel uap mengalami keretakan,dll
4. Kapal mengalami kebakaran yg masih
bias diselamatkan dan harus diperbaiki.
3. Dalam Time Charter ada biaya Running Coast tentang perawatan,untuk
menjaga agar kapal kita terawat dengan baik.kebijakan apakah sebaiknya saudara
lakukan dalam time charter terssebut!
Jawab :
Dalam
Time Charter ada biaya running coast tentang perawatan untuk menjaga agar kapal
kita terwat dengan baik.kebijakan terbaik yg sy lakukan dlm Time Charter
tersebut adalah:
· Mempertahankan seluruh keberadaan unit
kapal agar dalam kondisi laik laut utk beroperasi sesuai kontrak.
· Melakukan perawatan secara berencana
dengan memperhitungkan / menyesuaikan waktu keberadaan kapal dipelabuhan,agar
pengoperasian kapal tdk terganggu.
· Menyiapkan seluru kebutuhan suku
cadang(paling tdk minimum standar harus terpenuhi)untuk perawatan dan
perbaikan.Karena dapat berakibat fatal bagi kinerja kapal bila terjadi
keterlambatan permintaan dan pengadaan spare part.
· Memperhitungkan dan mengontrol pemakaian
running store Lub.Oil dgn cermat agar tdk terjadi pemborosan.
4.
Apakah yang dimaksud dengan perawatan
periodic tersebut,apakah kekurangannya dari perawatan tersebut, dan jg
keuntungannya bila diterapkan pada kapal penumpang.
JAwab :
Yang
dimaksud dengan perawatan periodic adalah bagian dari pelaksanaan perawatan
pencegahan yg dilakukan secara periodic berdasarkan kalender waktu dan jam
kerja / running hours dgn mengacu kepada manual instruction book,yaitu
perawatan yg dilaksakan berdasarkan waktu kalender:
· Perawatan secara harian (daily)
· Perawatan secara mingguan (weekly)
· Perawatan secara bulanan (monthly)
· Perawatan secara 3 bulanan(quarterly)
· Perawatan secara enam bulan
· Perawatan secara tahunan (annual
survey) dan
· Perawatan secara lima tahun (special
survey)
Perawatan yang dilaksanakan secara jam
kerja:
· Perawatan setiap 250 jam
· Perawatan setiap 500 jam
· Perawatan setiap 1000 jam
· Perawatan setiap 2000 jam
· Perawatan setiap 4000 jam
· Perawatan setiap 8000 jam
· Perawatan setiap 10000 jam
Dan
seterusnya terhitung setelah (overhoule)
Kekuranga dari perawatan periodic adalah
:
· Pemakaian Spare Part boros,karena walaupun kondisi
material tersebut masih baik,tetap harus diganti baru sesuai jam kerja
· Biaya perawatan besar
· Cepat terjadi kelelahan material terutama pada
bagian-bagian yg berulir sperti baut-baut karena sering dibongkar pasang dengan
tidak mengunakan kunci momen sehingga pengencangannya tdk terkontrol
· Perawatan dapat disesuaikan dengan waktu keberadaan
kapal sehingga tidak mengganggu operasi kapal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar