NASKAH 06
1.
Penerapan perawatan pada setiap kapal
dikaitkan dengan jenis kapal dan sifat operasionalnya,Jelaskan beda perawatan
yang anda terapkan bagi kapal RO-RO (tiba berangkat ) bagi kapal Cargo
(Reguler), mengapa demikian,jelaskan dari sudut teknis manajemen !
JAWAB :
· Perawatan yang saya terapkan bagi
kapal RO-RO (tiba berangkat) yaitu perawatan korektif,yang ditujukan untuk
memperbaiki kerusakan yang sudah diperkiran atau mendekati kerusakan dengan
dasar pertimbangan biaya dan effisiensi waktu perawatan.
· Sedangkan perawatan bagi kapal Cargo
(regular) yaitu perawatan pencegahan yang ditujukan untuk mencegah kegagalan
atau berkembangnya kerusakan atau menemukan kegagalan sedini mungkin.Dapat
dilakukan melalui penyetelan secara berkala,recondisi, atau penggantian
alat-alat berdasarkan pemantauan kondisi.
· Karena bagi kapal RO-RO (tiba
berangkat),waktu untuk melakukan perawatan sangat terbatas karena
memperhitungkan waktu efektif kapal(commission day) dan kehilangan kesempatan
membawa muatan (cargo per year) dan bagi kapal Cargo (regular) yang mempunyai
cukup waktu dipelabuhan perawatan pencegahan sangat cocok karena waktu
melakukan perawatan tidak mengganggu kegiatan operasional kapal.
2.
Jelaskan secara detail perawatan kapal
itu menjadi murah dan menjadi mahal serta dikaitkan dari kebijaksanaan teknis
yang salah anda terapkan !
JAWAB :
· Pearawatan kapal menjadi murah karena
dengan melakukan perawatan yang sudah direncanakan sebelumnya akan mencegah
terjadinya kerusakan, sehingga dapat mempertahankan kondisi dan menjaga tingkat
kemerosotan kapal serendah mungkin agar kapal dapat dioperasikan setiap saat
dibutuhkan. Dengan kondisi kapal yang laik laut beban kerja crew kapal menjadi
kecil dan opration day kapal menjadi besar dengan demikian pendapatan yang
diperoleh dari melayani kargo dan jarak yang ditempuh makin besar. Maka biaya
perawatan yang dikeluarkan menjadi murah.
· Perawatan kapal menjadi mahal karena
dengan membiarkan mesin bekerja terus menerus sampai rusak baru diadakan
perawatan maka cendderung akan mengalami kerusakan yang berkelanjutan sehingga
betapa beratnya kondisi kapal apabila sudah telanjur mengalami breakdown
repair. Dengan kondisi kapal tidak bagus maka operation day dapat terhambat
karena digunakan untuk melakukan perbaikan. Oleh karena itu tingkat off-hire
makin tinggi dan kepercayaan konsumen makin berkurang yang menyebabkan
pendapatan kapal menurun. Maka ditinjau dari pendapatan yang diperoleh dengan
biaya perawatan yang dikeluarkan akan menjadi mahal ,dibandingkan dengan kapal
yang terawatt dengan baik.
· Kebijaksanaan teknis yang salah
diterapkan dengan sengaja menunda-nunda perawatan karena dengan alasan biaya
dan lain sebagainya akan berakibat lebih fatal apabila terjadi kerusakan yang
dapat mengganggu operasi kapal.
·
3.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
SEAWORTHINESS dilihat dari kesipan kondisi kapal !
JAWAB :
SEAWORTHINESS atau
KELAIK LAUTAN ditijnjau dari
kesiapan kontruksi kapal adalah sejumlah kriteria teknik-fisik yang harus
dipenuhi suatu kapal agar dapat diijinkan berlayar.Kriteria tersebut adalah :
· Kondisi badan kapal ( konstruksi kapal
)
· Permesinan
· Pralatan dan
· Pengawakan
Semua kriteria teknik-fisik kapal
tersebut harus diperiksa secara rinci teliti dan periodic oleh kesyabandaran
dan Biro klasifikasi.Kemudian Biro klasifikasi mengeluarkan sertifikat Class kapal
sedangkan kesyahbandaran berwenang mengeluarkan sertifikat mengenai
kesempurnaan,penumpang,radio,lambung timbul kapal dan ssemua permasinan
kapal.Semua persyratan teknik-fisik sebuah kapal merupakan dasar dikeluarkannya
persyaratan formal administrative yg biasanya ditentukan oleh Dirjen
Perhubungan Laut (dalam hal ini merupakan wewenang direktorat Perkapalan dan
Pelayaran.
NASKAH 07
1.
PEARAWATAN CAT, Cat apakah yang di
apply pada badan kapal dibawah Underlines Water,Sebutkan jenis protection
paintnya?
JAWAB :
Protection
paint yang diapply pada badan kapal dibawah Underlines Water yaitu :
· 1st Coats anti corrosive
· 2nd Coast anti fouling.
2.
Sebutkan protection paint yang diapply
pada badan kapal diatas Underlines Water dan mengapa harganya agak mahal !
JAWAB :
Protection
paint yang diapply pada badan kapal diatas underlines water yaitu :
· 1st Coats red lead primer
· 2nd Coats boottop paint
Harganya
agak mahal karena Cat pada bagian lambung ini dirancang dan terbuat dari bahan
yang khusus untuk tahan terjadap dua kondisi agar tidak mudah terkelupas dan
terjadi korosi.Pada plat baja kapal / kulit kapal karena sering terendam air
laut dan terkena sinar langsung oleh sinar matahari.
3.
Jelaskan SEAWORTHINESS dikaitkan
dengan kesiapan mesin induk !
JAWAB :
SEAWORTHINESS dikaitkan dengan kesiapan mesin induk
yaitu bahwa kelaikan laut suatu kapal adalah kesempurnaan kapal kapal
ditinjaundari kriteria teknik-fisik dari suatu kapal yang harus dipenuhi suatu
kapal agar dapat diijinkan berlayar.kriteria tersebut adalah :
· Bahan
· Konstruksi
· Permesinan
· Peralatan dan
· Pengawakan
Karena
oermesinan (mesin induk) merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi
maka mesin tersebut harus dirawt dengan system perencanaan yang baik agar
kondisi dan performa mesin sdelalu siap untuk dioperasikan setiap saat sesuai
syarat yang ditentukan oleh pihak biro klasifikasi dan kesyahbandaran yang akan
diperiksa secara rinci ,teliti dan periodic.Kemudian kapal akan diberikan
sertifikat salah satunya adalah sertifikat mesin yang menyatakan kapal tersebut
laik laut.
4.
Apakah perawatan insidentil itu perlu
dilaksanakan dan dalam hal yang bagaimana !
JAWAB :
· Perawatan insidentil sebenarnya tidak
perlu dilaksakan karena perawatan insidentil (Breakdown Repair) adalah suatu
perawatan yang ada rencana perawatan sebelumnya, perawatan dan perbaikan hanya dilakukan
apabila terjadi suatu kerusakan saja,artinya kita membiarkan suatu mesin atau
peralatan bekerja terus menerus sampai rusak (down time ) baru kemudian
diadakan erawatan dan perbaikan.Perawatan insidentil sangat bersiko tingg
terhadap kerusakan-kerusakan yang lebih besar sehinga perlu perbaikan besar
(Overhaul) dan waktu kerusakan kapal sangat sulit untuk diprediksi.Dalam
prakteknya perawatan insidentil ini tidak dapat menekan biaya perawatan bahkan
sering terjadi pembengkakan anggaran perbaikan ( Total Maintenance Cost ) dan
kerugian-kerugian waktu,material dan commission day yang berdampaklangsung pada
laba perusahaan.Selain kerugian-kerugian teknis,aspek waktu dan jg aspek
keselamatan dapat jg berdampak aspek ekonomi yg berdampak sangat besar pada
pendapatan dan kelangsungan hidup perusahaan.
· Perawatan insidentil itu perlu
dilaksankan walaupun mesin itu sudah dirawat dengan baik dan terencana.Apabila
kerusakan itu dipengaruhi oleh kondisi alam atau human error seperti kapal
tubrukan,kapal kandas,salah mengoperasikan mesin dan lain-lain yang dapat
mengganggu pengoperasian kapal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar